01/08/2010

Tips Lancar Berbahasa Inggris :)

1. Sewa atau beli DVD yang berbahasa Inggris. Untuk teks, pilih yang bahasa Inggris, jangan bahasa Indonesia. Keuntungannya, Anda bisa membandingkan antara kata-kata yang tertulis dan yang diucapkan, Anda bisa ‘merasakan’ bagaimana kalimat bahasa Inggris bila diucapkan, dan Anda tidak akan merasa bosan atau frustasi belajar dengan cara ini, karena Anda kan menonton film !

2. Baca topik berbahasa Inggris yang Anda minati. Ada banyak majalah berbahasa Inggris yang beredar, dengan topik yang berbeda-beda. Pilih topik yang Anda sukai, baca dari depan sampai habis, dan jika menemukan kata atau frase baru, lihat artinya di kamus.

3. Masuk ke forum internet dengan topik yang Anda minati. Forum internet adalah tempat untuk berbagi dan berkumpulnya orang-orang dengan beragam latar belakang. Forum adalah sumber informasi yang hebat. Sebagian besar kata-kata yang diketik ditulis dengan bahasa yang tidak resmi atau tidak formal. Karena itu, forum menjadi tempat yang tepat untuk belajar bahasa Inggris, karena banyak ditemukan kata-kata dan frase yang biasa digunakan sehari-hari dalam percakapan.

4. Kalau Anda senang membaca novel, mulai sekarang carilah novel berbahasa Inggris. Kalau ingin novel import yang murah, toko buku bekas mungkin bisa menjadi pilihan.

5. Dengarkan radio atau TV yang menampilkan program berbahasa Inggris, misalnya berita. Berita dalam bahasa Inggris adalah salah satu masukan yang bagus dalam berbahasa Inggris, karena diucapkan dengan jelas dan mudah dimengerti.

6. Berbicara dengan orang yang sudah lancar berbahasa Inggris (misalnya orang asing ; amerika, atau inggris). Perhatikan gerakan bibir mereka untuk mengetahui bagaimana kata diucapkan.

7. Tips paling efektif : Berpikir dalam bahasa Inggris ! Seringnya, kita berpikir dalam bahasa Indoensia, lalu diterjemahkan ke bahasa Inggris, dan kemudian diucapkan dalam bahasa Inggris. Hasilnya, kalimat Inggris kita kacau ! Biasakan berpikir dalam bahasa Inggris, susun kalimat dalam bahasa Inggris di pikiran kita, lalu ucapkan.

8. Gunakan software belajar bahasa Inggris yang bisa dibeli di toko buku, atau di internet.

www.shvoong.com
ads by google

No comments:

Cute Spinning Flower Red